Pregnancy Class Sangatta: SUKSES!

Sangatta, RSPKT Prima Sangatta – 9 Desember 2023 menjadi hari yang sangat membahagiakan untuk Ibu Hamil (Bumil) di Sangatta. Bertempat di D’Lounge Hotel Victoria Sangatta, PT Kaltim Medika Utama bersama dengan SBU RSPKT Prima Sangatta sukses mengadakan Pregnancy Class

Pregnancy Class Sangatta diisi dengan edukasi “Gentle Birth” oleh dr. Oktavianus Paembonan, Sp.OG., yang mana memperluas wawasan Bumil tentang bagaimana proses kehamilan yang baik dan benar untuk seorang Ibu. 

Tidak hanya itu, kegiatan juga diisi   Sharing  dari Psikologi tentang “Mental Health pada masa Kehamilan” oleh Murniati, M.Psi. Pada sesi ini, suasana haru tidak dapat dihindarkan melihat perjuangan Bumil menjaga kesehatan anak dalam kandungannya sekaligus menjaga mentalnya. 

Kemudian untuk pelatihan Bumil dilakukan oleh Bidan Suryani Mansyur, S.Keb pada materi Gym Ball, Hypnobirthing dan latihan mengejan untuk Bumil usia kehamilan 37-40 Minggu. Sedangkan Bidan Temi Karuniatri, S.Keb., memberikan pelatihan Peanut Ball untuk membuka otot panggul serta memfasilitasi penurunan kepala janin.

Kegiatan Pregnancy Class dihadiri oleh Wibowo, ST., Manajer SDM, Keuangan & Umum RSPKT Prima Sangatta dan drg. Siti Zuraidah, Manajer Pelayanan Medis RSPKT Prima Sangatta. 

“Acara seperti ini sangat membantu para ibu atau pun calon ibu untuk mempersiapkan kelahirannya secara matang. Kedepannya saya berharap supaya acara seperti ini bisa lebih sering dilakukan, khususnya di wilayah Sangatta.” ungkap Suci Rahmadian salah satu peserta Pregnancy Class.

KHITANAN MASSAL UPZ BAZNAS PUPUK KALTIM BERSAMA PT KMU

Bontang, Kaltim Medika Utama – Pada Hari Anak Sedunia yang jatuh pada 20 November 2023, kegiatan besar PT KMU telah dilaksanakan. Dalam agama, khitan menjadi salah satu kewajiban bagi orangtua muslim kepada anaknya. Dengan berkhitan maka syariat islam juga turut disyiarkan. Tujuan khitan secara syariah selain mengikuti sunnah Rasulullah dan Nabi Ibrahim, juga karena menghindari adanya najis pada anggota badan saat shalat. Karena, tidak sah shalat seseorang apabila ada najis yang melekat pada badannya.

Selain itu, dalam sisi medis, ada banyak manfaat berkhitan, di antaranya mencegah terjadinya penyakit seksual menular, mencegah infeksi saluran kemih, mencegah penyakit pada penis, dan membantu menjaga kesehatan penis.

Kegiatan Khitanan Massal ini telah berlangsung pada tanggal 18 November 2023 di Gedung Koperasi Karyawan Pupuk Kaltim dengan penyelenggara UPZ Baznas PKT bekerjasama dengan PT Kaltim Medika Utama. Hal ini bertujuan untuk menyalurkan zakat kepada Mustahik yang ada di Kota Bontang serta dalam memperingati milad UPZ Baznas PKT yang ke 5 dan HUT PKT ke-46 Tahun.