Selamat Jalan Klinik Medika Meta Utama

Samarinda, Klinik Medika Meta Utama – 30 November 2023, setelah 8 Tahun perjalanan Klinik Medika Meta Utama (KMMU) memberikan pelayanan kesehatan tingkat pertama di Samarinda akhirnya berhenti di hari ini.

Prosesi penutupan operasional dengan disertai pelepasan karyawan KMMU dilakukan pada 29 November 2023 bertempat di Klinik dengan dihadiri oleh jajaran Direksi PT Kaltim Medika Utama dan Direksi anak perusahaannya yang membawahi pengelolaan klinik-klinik yaitu PT Kaltim Medika Gemilang. Kegiatan tersebut berlangsung sederhana dan khidmat.

Seperti layaknya lembaran buku yang dipenuhi dengan guratan cerita sejak 2015 tentunya telah merajut cerita sedemikian panjang. Suka, duka, pergolakan tertulis di lembaran-lembarannya.

November 2023, sampailah di penghujung cerita. Tentunya bukan sebuah keputusan yang mudah. Namun layaknya sebuah perjalanan, masih ada lembaran-lembaran kosong yang siap ditoreh tinta emas perjalanan menjadi sebuah buku yang baru.

Teriring doa dan harapan terbaik untuk segenap insan yang pernah menjadi bagian keluarga KMMU. Semoga waktu berkehendak membawa perjumpaan kembali dengan kisah baru kelak!

Selamat Jalan KMMU.

Klinik Bintang 5-nya Manggar!

Balikpapan, Klinik Medika Utama Balikpapan – Memberikan pelayanan kesehatan yang profesional dan terpercaya dengan Standar Nasional di Balikpapan khususnya di Wilayah Manggar adalah visi Klinik Medika Utama Balikpapan. Cita-cita mulia tersebut akhirnya bisa dibuktikan dengan penghargaan bergengsi “PARIPURNA” untuk Klinik Medika Utama Balikpapan.

Pada tanggal 31 Oktober 2023 sampai 1 November 2023 dan bertempat di Jalan Mulawarman No.9A-B, RT.07, Manggar Baru, Balikpapan Timur, Balikpapan tim dari Lafkespri mulai melakukan penilaian kepada Klinik Medika Utama Balikpapan. Surveyor yang dikirimkan oleh Lafkespri diantaranya, Aspiansyah, S.KM. dan dr. Kusuma Wijayanti, M.Si. yang dengan teliti menilai Klinik Medika Utama Balikpapan.

Penilaian ini juga dihadiri oleh beberapa petinggi dari PT KMU dan Anak Perusahaan diantaranya, drg. Artha Surya Rismawan, M.KM selaku Direktur Pengembangan dan Operasi PT KMU, Caterina Eskalanty, S.Si, Apt, selaku Direktur PT Kaltim Medika Utama Setiara, Winarsih, S.E, selaku direktur PT Kaltim Medika Gemilang, Nur Lutfi Hanif, Amd. Rad., S.E., selaku direktur dari PT Medika Setiara Gemilang dan dr. Nazmuddin selaku Kepala Klinik Medika Utama Balikpapan.

Melalui predikat PARIPURNA ini, Klinik Medika Utama Balikpapan siap untuk memberikan layanan kesehatan yang berstandar Nasional dan siap melambung lebih tinggi lagi. Sukses Klinik Medika Utama Balikpapan!

Luar Biasa, RS Medika Utama Permata!

Balikpapan, RS Medika Utama Permata – Lagi dan lagi, SBU PT Kaltim Medika Utama (PT KMU) mendapatkan predikat bergengsi, “PARIPURNA”. Kali ini Rumah Sakit Medika Utama Permata (RS MUP) yang mendapatkan predikat Rumah Sakit “PARIPURNA” dari lembaga KARS. 

1-3 November 2023 dan bertempat di Jalan Imam Bonjol No.1, Klandasan Ulu, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, tim dari KARS mulai melakukan penilaian kepada RS MUP. Surveyor yang dikirimkan oleh KARS diantaranya, dr. Henry R. Yapari, M.Kes, FISQua dan dr. Subagyo, Sp.P(K), FISR yang dengan sangat teliti menilai RS MUP.

Penilaian ini juga dihadiri oleh beberapa petinggi dari PT KMU dan Anak Perusahaan diantaranya, drg. Artha Surya Rismawan, M.KM selaku Direktur Pengembangan dan Operasi PT KMU, dan Caterina Eskalanty, S.Si, Apt, selaku Direktur PT Kaltim Medika Utama Setiara.

Melalui predikat PARIPURNA ini, RS MUP membuktikan diri sebagai Rumah Sakit berstandar Nasional yang siap untuk melayani masyarakat Balikpapan. Hanya ada 6 Rumah Sakit di Balikpapan yang mendapatkan predikat PARIPURNA dan RS MUP menjadi salah 1 dari itu.

5 Stars RS Medika Utama Manggar!

Balikpapan, RS Medika Utama Manggar – Satu per satu SBU PT Kaltim Medika Utama (PT KMU) mulai menunjukkan taringnya. Setelah RSPKT Bontang dan Klinik Satelit 1, kali ini RS Medika Utama Manggar (RS MUM) yang berhasil mendapatkan predikat “PARIPURNA” dari lembaga KARS. Predikat yang menjadi bukti bahwa Rumah Sakit berkomitmen penuh untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik khususnya di Kalimantan Timur. 

1-3 November 2023 dan bertempat di Jalan Mulawarman No.24, Manggar Baru, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, tim dari KARS mulai melakukan penilaian kepada RS MUM. Surveyor yang dikirimkan oleh KARS diantaranya, dr. Alexander HM Sinaga, MARS dan Purwanto, S.Kep, M.Kep, CWCC., FISQua yang dengan sangat teliti menilai RS MUM.

Penilaian ini juga dihadiri oleh beberapa petinggi dari PT KMU dan Anak Perusahaan diantaranya, drg. Artha Surya Rismawan, M.KM selaku Direktur Pengembangan dan Operasi PT KMU, Winarsih, S.E selaku Direktur PT Kaltim Medika Gemilang, Caterina Eskalanty, S.Si, Apt, selaku Direktur PT Kaltim Medika Utama Setiara  yang sekaligus merupakan Anak Perusahaan yang menaungi RS MUM.

Melalui predikat PARIPURNA ini RS MUM berkomitmen untuk terus menjadi Rumah Sakit yang bisa diandalkan masyarakat dalam aspek pelayanan kesehatan di Balikpapan khususnya di wilayah Manggar.

Health Talk: Brain Productivity Through Technology

Bontang, Kaltim Medika Utama – Otak merupakan salah satu organ paling penting pada tubuh kita. Otak lah, yang bisa membuat kita hidup. 

Pada tanggal 11 November 2023 telah dilangsungkan “Health Talk: Brain productivity Through Technology” di Ruang Tanjung Laut Hotel Bintang Sintuk. Health Talk ini berlangsung berkat kolaborasi PT Kaltim Medika Utama dengan RSPKT Bontang.

Dihadiri oleh 130 peserta yang terdiri dari berbagai kalangan, “Health Talk: Brain productivity Through Technology” sukses dilaksanakan. Jajaran Direksi PT Kaltim Medika Utama, Direktur PT Kaltim Medika Gemilang, Direktur RSPKT Prima Sangatta dan Direktur RSPKT Bontang beserta jajaran Manager RSPKT Bontang juga turut hadir dalam kegiatan ini. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Bapak Andi Cahyanto Budiarto selaku Direktur Keuangan PT KDM, Bapak Soliki dan Bapak M. Sadik selaku perwakilan dari PT TRUST (ITM Group), Bapak Partono selaku ketua KK PKT dan beberapa rekanan bisnis lainnya.

Health Talk kali ini menghadirkan dua pembicara terbaik di Bidang Neurologi. Pembicara pertama dr. Pukovisa Prawiroharjo, Sp.N(K), Subsp.NGD, PHD. Beliau adalah Spesialis Neurologi Konsultan Neurobehavior, Gangguan Gerak, Geriatri, & Degeneratif  RS Mandaya Puri. Beliau juga merupakan Dosen Neurologi FKUI – RSCM. Pembicara kedua dr. M. Faisal, Sp.N, MM. Beliau merupakan Spesialis Neurologi RSPKT Bontang. 

Kegiatan ini adalah bentuk kepedulian RSPKT Group dalam peningkatan produktivitas otak masyarakat Bontang. Melalui kegiatan ini, RSPKT Group ingin menyampaikan bahwa, produktivitas otak dapat ditingkatkan dengan menggunakan kemajuan teknologi yang ada saat ini. Selain itu, melalui kegiatan ini RSPKT Bontang membuktikan diri sebagai Rumah Sakit yang tidak akan pernah berhenti berinovasi dengan memanfaatkan Teknologi Canggih.

Penandatanganan PKB KMU – SP KMU

Bontang, Kaltim Medika Utama – Setelah melalui perundingan panjang, akhirnya Perundingan Perjanjian Kerja Sama (PKB) antara PT Kaltim Medika Utama (PT KMU) dan Serikat Pekerja Kaltim Medika Utama (SP PT KMU) mencapai kata “SEPAKAT”.

Pada tanggal 10 November 2023, agenda Penandatanganan PKB PT KMU dengan SP PT KMU dilangsungkan. Bertempat di Balai Hati Tarnusi RSPKT Bontang, Penandatanganan PKB dihadiri oleh Manajemen PT KMU yang diwakili oleh jajaran Direksi hingga Manajer perusahaan dan perwakilan dari petinggi SP PT KMU.

Beberapa point penting yang menjadi pokok pembahasan seperti, jam kerja baik lembur atau pun pengaturan shift, absensi karyawan, kenaikan grade, upah kerja, dan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akhirnya disepakati oleh kedua pihak. Perjanjian Kerja Sama (PKB) ini akan berlaku untuk periode 2023-2025.

Penandatangan ini menjadi wujud nyata komitmen dari PT KMU dan SP PT KMU untuk terus mensejahterakan karyawan di lingkungan kerja RSPKT Group (PT KMU). 
Serikat Pekerja – PT KMU, HARMONIS,” jargon Ahsin Mudlofar, A.Md.Kep Ketua Serikat Pekerja PT KMU dengan dr. Dina Lailani, MARS Direktur Utama PT KMU untuk membakar semangat kerja sama kedua belah pihak.

PARIPURNA Klinik Satelit 1 RSPKT!!!

𝐁𝐨𝐧𝐭𝐚𝐧𝐠, 𝐊𝐥𝐢𝐧𝐢𝐤 𝐒𝐚𝐭𝐞𝐥𝐢𝐭 𝟏 – Penantian panjang yang berbuah manis. Semangat, konsisten, dan selalu mau belajar untuk memberikan pelayanan terbaik melalui klinik di Bontang akhirnya mendapatkan hasil yang maksimal.

Meraih PARIPURNA untuk pertama kalinya dalam sejarah Klinik Satelit 1, merupakan sebuah pencapaian luar biasa.

Penilaian Akreditasi Klinik yang dilakukan oleh Lembaga Akreditasi Fasilitas Kesehatan Primer (LAFKESPRI) pada tanggal 13 & 15 Oktober 2023 berlangsung dengan penuh semangat.

LAFKESPRI mengirim 2 Surveyor luar biasa yaitu Aspiansyah, S.K.M. dan dr. Kusuma Wijayanti, M.Si. yang banyak memberikan masukan dan kritik yang membangun.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Komisaris PT Kaltim Medika Gemilang Taufik, S.E, Ak., Direktur Utama PT Kaltim Medika Gemilang selaku Holding dari Klinik Satelit 1 Winarsih, S.E dan dr. Dina Lailani, MARS selaku Direktur Utama PT Kaltim Medika Utama (PT KMU).

Pelatihan Basic Trauma Cardiac Life Support DKP PPNI RSPKT

𝐁𝐨𝐧𝐭𝐚𝐧𝐠, Kaltim Medika Utama – Minggu, 17 September 2023, telah dilaksanakan Pelatihan Basic Trauma Cardiac Life Support untuk perawat di RSPKT Group dan umum. Pelatihan dilangsungkan di Ruang Mangkaliat, Hotel Bintang Sintuk, Bontang.

Pelatihan ini dapat terlaksana berkat kerjasama antara Pro Emergency, DKP PPNI RSPKT Bontang, dan IBI. Diikuti 26 peserta, pelatihan ini berhasil dilalui dengan predikat “Lulus” oleh seluruh peserta.

Pelatihan ini penting untuk perawat sebagai wadah mereka untuk melakukan pembaharuan ilmu keperawatan mereka.

“Kita sebagai perawat jangan berhenti belajar dan terus meng-update ilmu kita,” pesan Florida Muri Lewar, Amd.Kep, perawat Puskesmas Rantau Pulung dan salah satu peserta dari Rantau Pulung, Kutai Timur.

Supplier Gathering PT Kaltim Medika Utama

Bontang, Kaltim Medika Utama – Sinergi dengan rekan bisnis tidak boleh putus dan harus tetap terjalin dengan baik. Supplier Gathering PT Kaltim Medika Utama (PT KMU) dengan rekanan bisnis menjadi jawabannya.

Berlangsung pada tanggal 6 September 2023, Gathering dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama yaitu Gathering bersama rekanan umum, jasa, dan bank, sedangkan sesi kedua bersama rekanan alkes dan obat.

Bertempat di Balai HATI Tarnusi, Supplier Gathering PT KMU dihadiri oleh jajaran direksi PT KMU beserta Anper, jajaran Manajemen PT KMU, dan petinggi atau perwakilan dari rekanan PT KMU.

Kegiatan ini diisi dengan pemaparan materi tentang struktur perusahaan yg baru milik PT KMU dan alur SPO baru milik PT KMU dengan rekanan. Selain itu, pada kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan Pakta Integritas sebagai bentuk komitmen PT KMU dan Rekanan dalam menjalin kerjasama.

“Dengan adanya Gathering ini, diharapkan mampu mempererat hubungan bisnis PT KMU dengan rekanan. Tidak bisa dipungkiri bahwa kita (PT KMU dan rekanan) saling membutuhkan di dalam bisnis,” ucap dr. Dina Lailani, MARS selaku Direktur Utama PT KMU dalam sambutannya.

Pemeriksaan Kesehatan Gratis untuk BATITA

𝗕𝗼𝗻𝘁𝗮𝗻𝗴, 𝗞𝗮𝗹𝘁𝗶𝗺 𝗠𝗲𝗱𝗶𝗸𝗮 𝗨𝘁𝗮𝗺𝗮 – Rabu, 30 Agustus 2023 telah berlangsung Pemeriksaan Kesehatan Anak Usia Batita di Aula Kantor Kelurahan Guntung. Kegiatan ini merupakan salah satu Program CSR dari PT KIE yang sekaligus menjadi salah satu rangkaian kegiatan HUT ke 33 PT KIE. Keberhasilan kegiatan ini tidak lepas dari kerjasama dan sinergi luar biasa dari PT KIE, PT KMU, Klinik Den Arhanud 002, dan Pemkot Kota Bontang.

Klinik Den Arhanud 002 yang merupakan salah satu SBU PT Kaltim Medika Utama menjadi pelaksana dalam pemeriksaan kesehatan ini. Jenis pemeriksaan yang dilaksanakan diantaranya, tinggi badan, berat badan, dan kondisi fisik anak (demam, batuk, pilek). Untuk Batita yang memiliki keluhan fisik mendapatkan pemeriksaan langsung dari Dokter Umum kami dan juga diberikan obat secara cuma-cuma untuk mempercepat penyembuhan Anak.

Dengan total 221 anak dengan usia 1 – 3 tahun, kegiatan ini diharapkan dapat membantu para orang tua untuk bisa memantau pertumbuhan Si Kecil. Kelak anak-anak ini lah yang akan menjadi penerus bangsa.

Bangga menjadi Sobat Sehat KMU!